Tahukah Kamu, Ternyata Penemu Mesin Robot Pertama dalam Sejarah adalah Ilmuwan Muslim
Friday, 1 September 2017 16:38

Smatrensains.com, Sragen - Tahukah kamu bahwa menurut Encylopedia of Britanica, Leonardo Da Vinci mendapat banyak pengaruh ilmu dari Al-Jazari...?


Siapakah Al-Jazari itu? Pernahkah kalian melihat robot? ayo guys,kita berkenalan dengan pembuat robot pertama kali.

Beliau bernama lengkap Abu al-'Iz Ibn Ismail ibn al-Razaz al-Jazari (أَبُو اَلْعِزِ بْنُ إسْماعِيلِ بْنُ الرِّزاز الجزري) adalah seorang Ilmuwan dari Al-Jazira, Mesopotamia, yang hidup pada abad pertengahan. Dia adalah penulis Kitáb fí ma'rifat al-hiyal al-handasiyya (Buku Pengetahuan Ilmu Mekanik) tahun 1206, di mana dia menjelaskan lima puluh peralatan mekanik berikut instruksi tentang bagaimana cara merakitnya.

 


Sebagian besar umurnya, ia habiskan untuk mengabdi pada raja-raja Urtuq atau Artuqid di Diyar Bakir dari 1174 sampai 1200 sebagai ahli teknik. Di masanya, Al Jazari yang telah mampu menciptakan robot manusia (humanoid) yang bisa diprogram. Al Jazari berhasil mengembangkan prinsip hidrolik untuk menggerakkan mesin yang sekarang kita kenal sebagai mesin robot.  


Mesin robot yang dihasilkan oleh Al Jazari saat itu berupa sebuah perahu terapung di sebuah danau yang ditumpangi empat robot pemain musik; dua penabuh drum, satu pemetik harpa, dan peniup seruling. Robot ini diciptakan untuk menghibur para tamu kerajaan.  


Sebagai robot pemain musik, mereka pun ahli dalam menghasilkan suara musik yang menawan. Misalnya saja, robot penabuh drum dapat memainkan beragam irama yang berbeda-beda. Jadi, robot itu pun bermain musik seperti manusia yang sebenarnya.Penemuan penting lainnya dari Al-Jazari adalah pencuci tangan otomatis. Keran air  bekerja otomatis yang bisa mengeluarkan air tanpa harus diputar. Sistem pencuci tangan ini digunakan pada masa kini dalam sistem kerja toilet modern.

 


Teknologi yang dikembangkan Al Jazari mencapai 50 jenis, yang semuanya ditulis dalam kitab yang berjudul "The Book of Knowledge of Ingenious Mechanical Devices". Gimana guys, hebatkan?  


Tak ayal lagi, Donal Hill, ahli teknik dari Inggris sangat kagum dengan pencapaian Al Jazari. Ia berpendapat, ”Tak mungkin mengabaikan hasil karya Al-Jazari yang begitu penting. Dalam bukunya, ia begitu detail memaparkan instruksi untuk mendesain, merakit dan membuat sebuah mesin."  


Pada World of Islam Festival yang diselenggarakan di Inggris pada tahun 1976, banyak orang yang dikagetkan dengan hasil karya Al-Jazari. Kekaguman Donald Hill terhadap karya Al-Jazari memotivasinya untuk menerjemahkan karya Al-Jazari pada 1974. Wallahu ’Alam

 

(Annisa Noviani, 11 IPA 2)    



 


INFO PSB 2018/2019
Formulir PSB 2018