Gelar Science Project, Trensains Awali Tradisi Meneliti Santri
Saturday, 9 September 2017 13:53

TRENSAINS

– Pesantren Sains yang belum genap empat tahun didirikan PDM Sragen ini terus berinovasi. Terobosan kali ini dengan digelarnya kegiatan Science Project atau Proyek Sains selama satu bulan, medio Agustus-September. 


Kegiatan Scince Project ini dibuka dengan Studium General dengan Tema “Science Project: Build Your Scientific Skill and Explore Your Passions”. Digelar di aula Trensains pada Jumat, 18/8 baru-baru ini.


Ketua panitia kegitan Nurul Hidayati mengatakan bahwa gawean ini secara umum bertujuan sebagai pintu gerbang untuk santri memulai kegiatan penelitian sains. Sebab selama ini kegiatan ini belum maksimal. Menurutnya, ada dua target yang harus dicapai oelh kegiatan ini, yaitu: harus menghasilkan produk sains yang dapat dinikmati hasilnya dan harus manjadi produk publikasi dalam bentuk poster atau video agar bisa diakses oleh halayak.    


Masih menutut panitia, bahwa Sains Project ini meliputi tiga kategori, yaitu: Fisika, Kimia, dan Biologi. Masing-masing sudah ditentukan proyek apa yang akan digarap berikut bahan-bahan dan tutorialnya. 


Selepas kegiatan Studium General ini selesai, selanjutnya para santri secara terprogram akan dipandu oleh para tutor dari guru-guru Trensains. Nurul Hidatyati, S.Si dan Anisa Sekar, S.Pd (Kimia), Anggita Lina M.Pd dan Akhyar Mukminin, S.Pd (Biologi), serta  Ita Arianti, S.Pd dan Happyana, S.Pd (Fisika).  


Sebagaimana diketahui bahwa sains yang dibahas di Trensains adalah sains yang menjadi pondasi teknologi yakni sains kealaman, bukan sains humaniora. Sains kealaman adalah sains dengan alam sebagai obyek kajiannya yang secara formal terbagi dalam bidang-bidang sains astronomi, biologi, fisika, kimia, geologi, farmasi dan kedokteran maupun terapan teknologinya.

 


Selain itu, misi Trensains sendiri adalah menyelenggarakan proses pendidikan yang menanamkan kecintaan pada sians, menyedikan lingkungan bagi berkembangnya sikap ilmiah, berfikir logis filosofis dan tanggap serta menyelami alam dengan berbagai fenomenanya, dan mengantar santri untuk menempuh jenjang pendidikan yang lebih tinggi dalam bidang kealaman.

 


Diharapkan

misi besar Trensains sebagai pioner pesantren sains pertama di dunia Islam semakian moncer dengan adanya kegiatan Sains Project ini. (HZ)

INFO PSB 2018/2019
Formulir PSB 2018