Bilqis, Santri Trensains yang Mendapat Beasiswa Kuliah Dokter Muhammadiyah dari UMY
Saturday, 16 June 2018 23:24

smatrensains.com - Dalam Pengajian Ramadhan PP Muhammadiyah yang diadakan pada Jumat (25/5) sore di Ruang Amphiteater Gedung AR Fachruddin B lantai 5, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) kembali memberikan Beasiswa Dokter Muhammadiyah kepada calon-calon mahasiswa yang telah lulus proses seleksi. Pengumuman calon mahasiswa penerima beasiswa tersebut dibacakan langsung oleh Rektor UMY, Dr. Gunawan Budiyanto, ketika memberikan pidato pembukaan untuk pengajian.

 

Dalam pembukaan tersebut, Gunawan menghimbau perguruan-perguruan tinggi Muhammadiyah yang memiliki fakultas kedokteran untuk mencetak beasiswa kedokteran. “Ketika penerima beasiswa tersebut lulus, merekalah yang nanti akan menjadi ujung tombak perjuangan Muhammadiyah. Karena itu, perguruan-perguruan tinggi Muhammadiyah yang memiliki fakultas kedokteran, sudah selayaknya bisa memberikan dan mencetak beasiswa kedokteran ini,” papar Gunawan. Dalam kesempatan tersebut, Gunawan juga menyebutkan bahwa saat ini UMY sedang mendidik 36 mahasiswa di bidang kedokteran dengan beasiswa penuh dari universitas.


Sementara itu, menurut Dr. Siti Dyah Handayani, S.E, M.M selaku Kepala Biro Panmaru (Penerimaan Mahasiswa Baru) dalam kesempatan yang sama mengatakan bahwa Beasisiwa Dokter Muhammadiyah merupakan program beasiswa yang diberikan oleh UMY kepada calon-calon mahasiswa yang berasal dari panti asuhan dan pondok pesantren milik Muhammadiyah maupun ‘Aisyiyah diseluruh Indonesia. Program beasiswa kedokteran yang diberikan oleh UMY tersebut saat ini sudah memasuki tahun ke-9. “Pada awal tahun pembukaannya, kami membuka 3 beasiswa. Kemudian 5 di tahun selanjutnya, lalu kemudian di tahun-tahun berikutnya kuota mahasiswa penerima beasiswa ini ditambah menjadi 6 hingga 7 beasiswa. Pada tahun ke-9 ini UMY membuka 8 Beasiswa Dokter Muhammadiyah yang dibagi menjadi dua, yaitu 5 beasiswa Program Studi Pendidikan Dokter dan 3 beasiswa Program Studi Kedokteran Gigi,” ujarnya.  

Lebih lanjut, Dr. Siti Dyah menjelaskan bahwa penerima beasiswa ini ditujukan kepada calon mahasiswa di Jawa maupun Luar Jawa. “Dalam pembukaan Pengajian Ramadhan PP Muhammadiyah disebutkan 3 nama calon mahasiswa penerima Beasiswa Dokter Muhammadiyah, itu baru calon mahasiswa yang di Jawa. Sedangkan untuk 4 beasiswa sisanya akan diberikan bagi calon mahasiswa di Luar Jawa yang saat ini masih dalam proses seleksi,” jelasnya.

Adapun 3 calon mahasiswa penerima beasiswa tersebut salah satunya adalah Bilqis Shaliha Adlina (yogyakarta) dari SMA Trensains Muhammadiyah Sragen.

Perlu diketahui bahwa ini merupakan kali kedua santri Trensains mendapatkan beasiswa kedokteran setelah pada 2016 lalu atas nama Ulfah Zahidah (Ngawi).



Penyerahan simbolik diserahkan langsung oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nasir.  Turut mendampingi Bilqis Sholiha Adlina, ayahanda Ardi Budiman dan kepala sekolah SMA Trensains Muhammadiyah Sragen, Mohamamad Fahrurroni. Acara simbolik ini disaksikan oleh ratusan peserta kajian ramadhan yang berasal dari seluruh Indonesia.(HZ)

Informasi dan jadwal PSB
SELAMAT HARI RAYA IEDUL FITRI 1439 H